Header Ads

Ad Home

5 Penyakit Akibat Tikus dan Cara Mencegahnya

lima penyakit akibat tikus dan cara mencegahnya
RumahSalam - Keberadaan tikus di rumah tentu amat mengganggu keluarga. Gangguan dari hewan pengerat ini terutama karena dapat menyebabkan banyak penyakit jika ditemukan di lingkungan sekitar rumah.

Dan ternyata ada banyak penyakit tikus yang dapat menyerang manusia. Berikut beberapa penyakit yang bisa disebarkan tikus seperti yang kami kutip dari situs Badan Pengendali dan Pencegahan Penyakit AS (CDC):
  1. Murine Thypus. Penyakit ini disebabkan infeksi virus R. typhi yang ditularkan kepada manusia melalui kutu yang berasal dari tikus. Kutu dari tikus yang sudah terinfesi virus ini bisa ditemukan sepanjang tahun di lingkungan tropis yang lembab seperti halnya kondisi di Indonesia.
  2. Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan tikus yang terinfeksi melalui air seni, tinja atau air liur mereka. Kita dapat tertular HPS saat menghirup udara yang sudah tercemar hantavirus penyebab HPS. HPS pertama kali ditemukan 1993 dan hingga kini kasusnya sudah ditemukan di seluruh AS. Penyakit ini dapat dicegah dengan pengendalian hama tikus di lingkungan rumah.
  3. Rat-bite fever (RBF). Penyakit ini disebabkan bakteri Streptobacillus moniliformis yang ditularkan melalu gigitan atau cakaran tikus. RBF juga bisa menular karena konsumsi makanan yang sudah tercemar kotoran tikus.
  4. Salmonella enterica serovar Typhimurium. Penyakit ini akan menimbulkan gejala diare, kram perut, muntah-muntah serta mual dan bisa berlangsung selama tujuh hari. Hati-hati jika terjadi gejala ini pada anak-anak karena bisa menjadi fatal apabila tak ditangani secara serius.
  5. Leptospirosis. Penyakit ini ditimbulkan bakteria dari genus Leptospira. Jika dialami manusia banyak gejala yang timbul seperti demam tinggi, pusing-pusing, menggigil, kejang otot, muntah, mata merah, sakit pada otot perut, diare serta ruam kulit. Jika tak ditangani bisa menimbulkan kerusakan ginjal, meningitis, kegagalan fungsi hati serta gangguan pernafasan.
Untuk Pencegahannya baca yang satu ini :  
  1. Jaga Kebersihan Rumah Kita. jangan terlalu lama menumpuk kardus, kaleng, majalah atau buku karna tikus gemar menjadikannya sebagai sarang.
  2. Berhenti memberi makan tikus. simpan makanan dalam wadah tertutup dan membersihkan rumah. Gunakan sapu atau mesin penyedot debu, bersihkan semua remah-remah di lantai, sofa, kolong furnitur, dan di mana saja sisa makanan berada.
  3. Jangan biarkan ada akses masuk tikus kedalam rumah kita.  Cari lubang, celah, atau apapun yang memungkinkan bisa menjadi pintu bagi tikus. Gunakan kombinasi lapisan dan sabut baja untuk menutup lubang. Pastikan lubang ventilasi memiliki ukuran kecil (0,5 inci atau kurang), serta tempat sampah tertutup rapat tak menyisakan makanan yang memancing tikus datang.
  4. Hindari terlalu banyak perabot dan pajangan di tembok. 
Itu tadi baru pencegahannya, sekarang ada tips nya buat membrantas tikus.
pembrantasan tikus dibagi menjadi 3 tipe : 
Pembrantasan tikus secara konyol :
  • Tangkap tikus lalu potong ekornya
  • Tangkap tikus lalu lumuri tubuhnya dengan cat air, lalu lepaskan dia lagi.
  • Menggunakan batang berduri. Taruh saja kulit salak pda tempat yg biasa tikus lalui
Pemberantasan tikus secara kejam :
  • Dengan menggunakan racun tikus. Taburi saja racun tikus pada makanan sisa untuk tikus. Namun, karena tidak mematikan dengan segera, kekurangan racun ini memberi kesempatan pada tikus mencari tempat persembunyian untuk mati.(waktu itu papa pernah coba cara kaya gini, alhasil tikus malah mati diatas lemari dan ada banyak belatungnya.)
  • Dengan menggunakan jepretan tikus. Ada yang menggunakan jepretan tikus. ini mujarab banget! tikus bisa langsung mati sih, tapi serem juga karna darah tikus bakal berceceran.
Pemberantasan tikus secara alami : 
  • Jangkrik. letakkan saja jangkrik ditempat yang sering dilalui tikus. karna tikus alergi dengan suara ramai seperti suara jangkrik.
  • Buah mengkudu. Potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian,taruhlah potongan buah ini dlm wadah dan letakkan di tempat yang sering dilalui tikus
  • Minyak mint. oleskan saja minyak mint pada kertas karton dan letakkan di tempat yang sering dilalui tikus
  • Kapur Barus. Hancurkan saja kapur barus secara kasar dan taburkan di tempat yang sering dilalui tikus
  • Lem tikus
Nah! silakan dibaca dan dipraktekan. sekian dan terimakasih

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.