Header Ads

Ad Home

Fakta Dan Penyebab Wanita Memiliki Banyak Bulu

Masih dianggap wajar jika pria memiliki bulu yang lebih banyak dibanding wanita, misalnya kumis, jenggot, bulu dada dan bulu yang lebih lebat pada bagian kaki, tangan atau punggung. Karena itu, tak heran jika beberapa wanita yang memiliki lebih banyak bulu sering merasa risih karena tampak tak cantik atau kurang percaya diri apabila memakai pakaian yang memperlihatkan tangan atau kakinya. Kabarnya juga bahwa wanita dengan bulu yang lebat, siklus haidnya tidak beraturan mungkin bisa disebabkan beberapa hal yang berkaitan dengan hormon tersebut.

Dilihat dari segi kelebihannya, wanita dengan bulu yang lebat memiliki otot yang bisa terbentuk seperti pria namun tidak terlalu menonjol. Wanita berbulu lebat juga dikabarkan memiliki gairah yang lebih besar dan lebih berani seperti halnya pria dengan hormon tersebut.

Penyebab Bulu Berlebih Pada Wanita

Berdasarkan laporan pada Genius Beauty, sebuah penelitian yang dipublikasikan diGynaecologists menyebutkan bahwa 5 - 15 persen wanita mengalami masalah memiliki bulu berlebih. Para peneliti mempertimbangkan gangguan hormon sebagai penyebab kasus ini. Mereka berasumsi bahwa wanita tak perlu khawatir pada masalah ini.
fakta dan penyebab wanita memiliki banyak bulu

Menurut Dr Rebecca Swingler dari rumah sakit C-Michael di Bristol, perubahan hormonal menyebabkan polycystic ovary syndrome (PCOS) pada 70 - 80 persen kasus. Sindrom ini pada akhirnya menyertai hirsutism (wanita berbulu lebih). Tetapi, sulit melacak penyebab sebenarnya karena kebanyakan dari mereka tidak berkonsultasi ke dokter.

Bisa Menjadi Sinyal Masalah Kesehatan

Para wanita yang memiliki rambut berlebih biasanya mencoba mengatasi sendiri masalah ini selama bertahun-tahun, baru kemudian jika masalah itu tak berkurang, mereka meminta bantuan profesional. Tak hanya menjadi masalah kecantikan, dokter di Inggris juga mengatakan bahwa masalah ini bisa terjadi karena tumor, disfungsi tiroid dan pengaruh obat-obatan hormonal.

Menurut para peneliti, pertumbuhan rambut yang berlebih pada wanita dapat diatur dengan beberapa kosmetik. Namun, jika seorang wanita mengalami masalah bulu berlebih, ada baiknya mengambil tindakan dengan konsultasi pada ahli medis untuk menemukan penyebabnya. Sehingga pengobatan yang tepat sasaran dapat dilakukan. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.