Header Ads

Ad Home

Lima Hal Berbahaya Tidak Boleh Dilakukan Saat Wanita Sedang Haid

Bagi wanita dewasa dan remaja puteri yang sudah balig, setiap bulan pasti mengalami masa menstruasi. Hal ini merupakan bagian dari kodrat alami setiap perempuan. Lamanya waktu datang bulan tentunya berbeda-beda. Tapi biasanya wanita mengalami datang bulan maksimal 15 hari. Datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause/kondisi wanita tidak lagi mengalami datang bulan (usia 45 thn keatas).

Di saat wanita mengalami datang bulan, tentunya ada beberapa larangan atau ada suatu hal yang memang tiak boleh dilakukan. Karena akan berbahaya untuk kesehatan wanita tersebut. Berikut ini adalah 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat wanita mengalami datang bulan
  1. Jangan menggunakan pembalut terlalu lama. Sebaiknya Pembalut diganti minimal setiap 2-4 jam. Karena pemakaian pembalut yang terlalu lama dihawatirkan kuman dan bakteri yang menempel pada pembalut. Cairan yang tertampung di pembalut, baik darah maupun keringat, menciptakan kelembaban yang sangat disukai oleh kuman. Hal Ini dapat memicu iritasi dan keputihan yang tidak normal. keputihan yang tidak normal adalah penyebab utama infertilitas/kemandulan di Indonesia.
    Lima Hal Berbahaya Tidak Boleh Dilakukan Saat Wanita Sedang Haid
  2. Jangan keramas karena pori kepala sedang terbuka pada saat haid karena bisa menyebabkan sakit kepala (kena angin kepala), sangat berbahaya efek ini bisa di rasakan saat muda dan saat tua nanti. 
  3. Jangan melakukan olahraga yang berat. Seorang perempuan yang sedang datang bulan dan melakukan olahraga dikhawatirkan akan mengalami pendarahan berat. Memang tidak semua olahraga akan menyebabkan hal tersebut, tapi sebaiknya sesuaikan olahraga yang dipilih dengan kondisi tubuh. Perempuan dengan kondisi tertentu bisa jadi akan mengalami perdarahan berat ketika memaksakan diri bersenam aerobik saat datang bulan.
  4. Jangan berenang. Berenang di saat datang bulan tidak dianjukan, karena tidak ada yang dapat memastikan apakah air yang digunakan untuk berenang itu steril. Bisa jadi air kolam renang atau air laut mengandung banyak kuman yang dapat menyebabkan infeksi. Apalagi bila si perempuan ini berendam dalam waktu lama.
  5. Jangan terlalu banyak minum yang mengandung kafein. Mengurangi atau menghentikan minum kafein saat datang bulan bisa membantu mengurangi rasa kembung dan menenangkan perut yang teriritasi. Kafein bisa menambah asam lemak dan melukai perut yang sensitif. Karena pada saat datang bulan, biasanya perut menjadi lebih sensitif dan sering merasa tidak nyaman. Pada sebagian wanita terkadang mengalami sakit atau nyeri haid. Tetapi bila Anda mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman ringan tertentu dan cokelat, maka zat-zat tersebut dapat memperburuk kram menstruasi. Kafein menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tingkat ketegangan, yang membuat nyeri semakin parah, seperti dilansir Women's Health Information, Rabu (10/8/2011). Jadi sebaiknya hindari minum kopi atau apa saja yang mengandung kafein.

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.